Minggu, 02 Maret 2008

Hubungan antara telur dengan puasa

Pada Sanlat (Pesantren Kilat) tahun lalu saya kebagian tugas di Sie Acara.  Salah satu tugas yang harus dilaksanakan adalah merancang game-game baru yang berkaitan dengan puasa.  Alhamdulillah, saya bersama seorang rekan berhasil merancang 4 game baru.  Namun karena keterbatasan waktu, hanya 2 game yang dilaksanakan pada sanlat saat itu.  Game tersebut adalah game telur dan game puzzle.

 

Game telur.

Sebagai pengantar untuk game ini, kepada siswa diperlihatkan 3 atau lebih telur (saat itu kami memakai telur ayam).  Kemudian siswa diajak untuk mendiskusikan perihal telur tersebut.  Diskusi diarahkan agar siswa memahami bahwa dari tiga telur bisa menjadi peternakan ayam yang besar.  Kepada siswa juga dijelaskan mengenai keuntungan-keuntungan jika kita mempunyai peternakan yang besar.  Siswa diajak untuk membayangkan bagaimana jika telur ini menjadi ayam, kemudian betelur, telrnya menjadi ayam,… dan teruuuuuszs selanjutnya seperti itu.

Jika telur itu tidak dijaga, dan telur itu pecah, apa yang terjadi?  Tentunya hanya kotor dan bau yang didapatkan siswa.

 

Nah, setelah siswa paham akan konsekuensi dari merawat atau memecahkan telur, baru dihubungkan antara telur dengan puasa.

 

Hubungannya adalah: 

jika kita melaksanakan puasa, menjaganya dari hal-hal yang membatalkan atau merusak pahala puasa, maka seolah-olah kita mendapatkan pahala seperti peternakan yang tidak terputusz-putusz.  Atau bahkan lebih dari itu, karena puasa itu urusan seorang hamba dengan Robbnya.  Sedangkan jika kita melaksanakan puasa, tapi tidak menjaga diri dari hal-hal yang merusak pahala puasa, maka seolah-olah kita telah melemparkan telur pada badan kita sendiri.  Kita telah lelah karena puasa, tapi yang didapat hanya kotor dan bau (bau mulu orang puasa kamsudnya).

 

Setelah siswa paham barulah the real game dimulai.

Setiap kelompok (5-8 orang) mendapatkan 3 telur ayam.  Telur dilempar dari peserta yang satu kepada peserta yang lain.  Jika peserta berusia lebih dewasa, akan lebih seru jika telur semakin banyak dan telur dilempar secara bersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar