Kamis, 03 April 2008

Setelah wudhu

Ini tips untuk para orang tua.  Setelah wudhu, dalam keadaan tangan masih basah, usapkanlah tangang anda pada kepala anak anda sambil berdo'a : "Robbi habli minashsholihiin, waj'alhu Robbi Rodiya"
Semoga anak-anak kita menjadi generasi yang selalu dalam naungan ridho Allah.
(Salah satu waktu dimana do'a di ijabah adalah seusai wudhu)

13 komentar:

  1. Wah, selama ini habis wudlu, langsung dilap pake handuk... :D
    Nuhun pisan, nya Teh...

    BalasHapus
  2. Amiiin.....", Mungkin emak Dan Bapak SaIah Dulu Gak Tau Ya, Setelah Wudhu Tangannya Gak pernah Di Usapin Ke kepala Saiah...He he he , Semoga Saja Walau Begitu Jlan Hidup Saiah Slalu Di Ridhoi Ma gusto Alloh, namun Ini Pelajaran Yeuh Bagi Saiah Suatu Saat nanti kalu punya anak...Hatur nuhun Teh Pelajaranana...

    BalasHapus
  3. makasih banyak ya teh............

    BalasHapus
  4. wah selama ini aku ga pernah tau teh...TFS
    ijin kopi paste teh...nuhun

    BalasHapus
  5. Dulu kalau dah wudhu, anak-anak saya baris na, nunggu giliran di usap,...

    BalasHapus
  6. Walau demikian, pasti do'a Emak dan Bapak tak pernah berhenti dipanjatkan demi kebahagiaan anak-anaknya,...

    BalasHapus
  7. Trims sudah mau kpi paste,... moga mamfaat.

    BalasHapus
  8. tfs...Teh,info yg bermanfaat!

    BalasHapus
  9. Iya nih maksih infonya...

    BalasHapus
  10. afwan ukhti, kalau boleh ana tahu sumber rujukannya, atau dalilnya. karena ana tidak menemukannya dalam kitab hisnul muslim maupun dalam Kitab Sifat Wudhu Nabi.
    Bacaan do'a sesudah sholat wudhu yang ada di kitab Hisnul Muslim dan kitab Sifat Wudhu Nabi yg ana temukan sebagai berikut;

    BACAAN SETELAH WUDHU
    13- أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
    وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
    13. "Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq kecuali Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya".

    14- اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ
    الْمُتَطَهِّرِيْنَ.
    14. "Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan
    jadi-kanlah aku termasuk orang-orang (yang senang) bersuci".

    15- سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ
    إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ.
    15. "Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji kepadaMu. Aku bersaksi, bah-wa tiada Tuhan yang haq selain Eng-kau, aku minta ampun dan bertaubat kepadaMu".

    Mohon ana diberitahu ya kalau teh rani punya info rujukannya.
    Jazaakillah khoir,..

    BalasHapus
  11. Terimakasih sudah mau mengingatkan. Pertama-tama mungkin ukhti kaget melihat judulnya ya. Af1, saya terbiasa membuat judul yang terkadang kurang nyambung dengan isinya.

    ini sebenarnya bukan bacaa/ do'a setelah wudhu,...
    apa yang ukhti tuliskan diatas tentang do'a sesudah wudhu, itulah yang benar, & itu itupula yang selalu saya ucapkan setiap setelah wudhu. Niat, wudhu&semua rukunnya+ do'a sesudahnya adalah "satu paket" yang saya pikir sudah otomatis dilakukan oleh semua muslim. Hanya saja, saya pernah mendapat "masukan dari salah seorang yang saya tuakan, yang insya Allah dikenal karena kesholehannya, agar mendo'akan anak-anak setelah "satu paket" wudhu. Dulu memang saya pernah membaca disebuah buku panduan kecil tentang berdo'a bahwa salah satu waktu untuk berdo'a yang afdol adalah sesudah wudhu. Adapun kenapa mengusapkan air, saya tambah yakin setelah membaca buku tentang keajaiban air yang menjelaskan bahwa air bisa berubah menjadi kristal yang bagus setelah diucapkan do'a (buku ini pernah menjadi best seller & penulisnnya dari Jepang, tapi af1 saya lupa namanya).
    Saya berlindung kepada Allah dari melakukan bid'ah. Saya hanya berpegang pada waktu& tempat serta konteks dimana do'a dilarang. Jadi karena saya tidak menemukan unsur-unsur yang melarang dalam berdo'a sesudah "satu paket" wudhu, maka, saya setuju dengan apa yang pernah dinasehatkan oleh seorang sahabat saya. Wallohu'alam bishshowab. Af1 jika ada yang tidak berkenan. Mohon dibetulkan jika ada kesalahan.

    BalasHapus