Sabtu, 31 Mei 2008

***KONTAN***

Setelahmemcoba mempelajari berbagai "kasus", aku menyimpulkan bahwa yang namanya motivasi itu ada dua.  Motivasi positif & Motivasi negatif.  Motifasi positif adalah berupa pujian, dorongan semangat,bantuan dan hal-hal lain yang bersifat memberikan rasa senang & kebahagiaan.  Sementara motivasi negatif bisa berupa ancaman,sindiran, teguran dan hal-hal lain yang membuat manusia menjadi "sakit" sehingga akhirnya berusaha mengindari rasa sakit itu.

Demikian juga dengan motivasi dalam beramal.  Teori dan dalil memang menjadi pegangan.  Tentang surga & neraka, tentang balasan atas semua yang kita lakukan. Teori dan dalil itu yang kemudian memotivasi kita untuk melakukan sesuatu perbuatan.
Beberapa bulan terakhir ini, ada satu hal yang cukup menggelitik pemikiranku mengenai motivasi dalam melakukan suatu perbuatan.  Entahlah, aku merasa mendapat bayaran kontan beberapa hari setelahnya dari "perbuatan spesifik" yang aku lalukukan.  Entah itu dari kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja, ataupun ketika meniatkan sebuah kebaikan.
hmmm...
".... Innalloha laa yukhlifulmi'aad....."

6 komentar:

  1. TFS ya..Teh ... sudah memberi aku motivasi yang positif . Semoga menjadi landasan aku ( khususnya ) dalam melakukan suatu perbuatan.

    BalasHapus
  2. yup. syukron katsir, teh.. :)
    jazakillah khoyr.

    BalasHapus
  3. ooohh begitu ya.... thanks for sharing yaaaa

    BalasHapus