Senin, 05 Mei 2008

Tersesat ke jalan yang benar...

Memenuhi permintaan Dinda Aisyah untuk membuka masa lalu, saya mencoba membuka lembaran sejarah yang mungkin tak semuanya indah. 

***

Bandel,iseng& tomboy, barangkali itu yang membuat ayah & ibuku begitu khawatir akan diriku.  Jika pergi ngaji kerjanya adalah nakut-nakutin temen, Kecuali jika imtihan, biasa anak sanguin paling suka tampil.  Jika Pergi taraweh dari rumah bekel karet yang banyak, ngetek tempat deket hijab pemisah ikhwan & akhwat, ditengah-tengah taraweh jipratin shaf ikhwan pake karet dibalik hijab (astaghfirulloh).  Jika berantem berani adu fisik.  Jika sekolah lengan baju dilinting sebelah.  Pokoknya caper abiszs.

Nah, karena khawatir itulah, suatu saat kedua orangtuaku mengadakan pengajian untuk mendo’akan aku.  Sampai sekarang masih terbayang wajah orang-orang yang menengadahkan tangan sambil memanjatkan do’a-do’a kebaikan untukku (semoga Allah memberikan maghfirohNYA kepada mereka semua).

 

Sebenarnya, aku dibesarkan dari keluarga yang jauh dari hidayah, tapi keajaiban do’a dari orang-orang yang shaleh, keinginan kedua orangtuaku yang begitu tulus telah merubah semuanya.  Keluargaku adalah keluarga yang sangat modis.  Bagi keluargaku tampil cantik dan serasi seolah suatu kewajiban.  itu juga yang akhirnya menjadi awal aku mengenakan jilbab.

Di lingkungan sekolah SMAku dulu, banyak sekali yang menggunakan kerudung, meski saat itu pelarangan kerudung tengah santer-santernya.  Siswi yang menggunakan kerudung, harus rela melepas kerudungnya di sebuah pos yang disediakan sekolah di dekat pintu gerbang.  Jadi dari rumah menutup aurat, selama disekolah dilepas, pulang sekolah dipake lagi.  Sekolahku juga merupakan salah satu sekolah yang pembinaan keislamanannya sangat kental.  sebelum aku berkerudung, aku sering mapir ke pos itu menemani temanku memakai kerudungnya.  Cantik, itilah kesan yang tertanam dalam hatiku.

Bermula dari coba-coba memakai kerudung dan kemudian mendapatkan pujian dari beberapa teman, akhirnya aku mantap menggunakan kerudung.  Jangan tanya masalah dalil, saat itu aku ga tahu sama sekali.  Tapi tangan-tangan penuh cinta dari para aktifis kerohanian kemudian membimbingku dan membuka mataku.  Dari merekalah aku mendapatkan semuanya; pengetahuan yang mendalam, kasih sayang, persaudaraan dan dukungan.  Dukungan yang betul-betul sangat membantuku karena pada saat itu semua anggota keluargaku menentang aku mengenakan jilbab. 

Dan bermula dari kasih sayang mereka, para aktifis kerohanian aku malang melintang mencari dan mengkaji islam serta berusaha membagikannya pada semua. 

 

Hidayah memang datang dengan berbagai cara.  Semoga hidayah ini tetap Allah berikan untuk kita, hingga masa menjelang surga, Amin.

 

Ya Allah,

jika bukan karena karuniaMU,

maka apalah arti diriku,

Jika bukan karena kasih sayangMU,

maka celakalah pasti diri ini

 

Ya Robb,

Lindungillah kami

dari sesuatu yang menjauhkan kami dariMu,

dari sesuatu yang menghalangi kami untuk mendapatkan kasih sayangMu

 

Ya Robb

Ampuni kami,

dan bimbinglah kami

agar senantiasa ada di jalan cintaMU,

Amin.

 

 

16 komentar:

  1. amiin.. amiin.. amiin.. *dari lubuk hati*

    btw, di sekolah dilarang mengenakan kerudung, padahal sekolah itu mengajarkan nilai2 islami dg kental?... miris ya, mbak? :(

    BalasHapus
  2. iya,.. Banyak guru yang Keislamannya sangat kental dan membimbing anak-anak kerohanian, tapi tidak sedikit guru yang bertolak belakang dan menegakan peraturan pemerintah saat itu yang melarang siswi menggunakan seragam yang berbeda dengan ketentuan pemerintah.

    BalasHapus
  3. hm.. kayaknya Teteh seangkatan kakakku deh, dia juga ngalami mesti buka jilbab di gerbang sekolah... Alhamdulillah.. pas jamannya aku mah.. udh gak ada aturan aneh2 lagi.. ;)

    BalasHapus
  4. iya Na, angkatan tua... ^_^
    Rada berat memang memperjuangkannya saat itu, kita sering dipanggil ke kantor gara-gara pake seragam berlengan panjang dan rok yang dianggap kepanjangan...

    BalasHapus
  5. ketauan deh sekarang teteh umurnya berapa, hihihi...

    BalasHapus
  6. he..he..he...
    ( Pssst...Rahasiain ya Na ^_^ )

    BalasHapus
  7. Subhanallah....teteh..isyah malah kebalikannya....( apapun alsan itu harusnya kalo tahu dalil dan hukumnya tetep nggak boleh yach teh, masalahnya dulu pasti cuma pura-pura gak tahu dech)

    Baru setelah di Hongkong saat kesulitan menyapa bener-bener pengen pake jilbab karena tahu itu aurat dan harus ditutup sampai memngorbankan pekerjaan gak perduli ^_^

    BalasHapus
  8. amin.. amin...
    penuh liku ya kisah hidup teteh :)

    kalo pas jamanku, pake jilbab pas SMA udah biasa. Tapi ada mapel olahraga Renang yang dit4 umum n campur co-ce..
    aku n tmn2ku pernah bermasalah cz minta kebijakan ga ikut renang di sana.. Hueh perang dingin dgn bbrp guru, tapi alhamdulillah endingnya dpt dispensasi diganti OR lain pas ujian akhir...

    BalasHapus
  9. Hidayah memang datang dengan berbagai cara. Semoga hidayah ini tetap Allah berikan untuk kita, hingga masa menjelang surga, Amin.

    ====================================================

    Amin,...amin,...amin,....Yaa ALLAH....

    *vina juga merasakan Hidayah yg diberikan ALLAH lewat dunia maya ini teh,...^_^

    Smoga ALLAH senantiasa memberikan HidayahNYA pada kita ya teh,..:)

    BalasHapus
  10. Dulu masih lihat kura-kura dalam perahu ya Syah?
    trusz pas di Hongkong kura-kuranya kabur bawa jobnya Aisyah,... ^_^

    he..he..he.. lagi OOT neh,

    BalasHapus
  11. dulu juga para jilbaber pada ga ikut renang, tapi alhamdulillah guru OR bisa mengerti,... jadi diganti dengan nilai OR yang lain.

    BalasHapus
  12. tapi renang sebetulnya sangat penting untuk keselamatan diri dan orang lain lho. Masak di Jakarta lebih susah bikin kolam renang khusus perempuan daripada di Muenchen? Di Muenchen saja yang orang Islamnya disinisin luar biasa bisa kok ada kolam renang yang hari tertentu cuma perempuan boleh masuk...

    BalasHapus
  13. betul,... untung di sekolah teh hani, Insantama renang merupakan pelajaran yang wajib diikuti dan renangnya juga pake kerudung,...
    lihat disini : http://qiyani.multiply.com/photos/album/1/belajar_berenang

    BalasHapus
  14. alhamdulillah....
    dulu termasuk yg dilarang pihak sekolah ya teh...?

    BalasHapus
  15. iya...
    perjuangan yang cukup panjang,

    BalasHapus