Selasa, 05 Agustus 2008

Seperti Bintang

Sebelum memulai kursus pagi tadi Andrea meminta kami menceritakan apa yang kami lakukan diakhir pekan.  Retno cerita bahwa beberapa keluarga di Gilching grilen di rumah seorang teman dan aku(Rani) tidak datang.  Andrea menanyakan alasan mengapa aku tidak datang.  Akhirnya kujelaskan bahwa aku sedang hamil & tidak enak badan.  Diluar dugaan Andrea berkata "aku pikir inilah alasannya mengapa wajahmu terlihat selalu bercahaya seperti bintang & selalu nampak tersenyum"(Alhamdulillahilladzii ja'ala bi ni'matihi khoiron, Allohumma maa ashbaha bii min nim'mati au bi ahadin min kholqika fa min ka wahdaka, laa syariika laka falakal hamdu wa laka syukru).  Andrea berkata dengan nada biasa saja.  Tiada kesan memuji sedikitpun, apalagi ekspresi rayuan gombal yang bombastis seperti yang biasa aku ekspresikan kalo aku menyanjung siswa-siswaku.  Padahal aku pikir saat-saat hamil muda seperti ini pasti aku terlihat kuyu karena mudah lelah & susah makan.  Apalagi aku telah kehilangan berat badan sebanyak 2 kg pada saat yang sangat tidak tepat.  Ingin rasanya aku jelaskan pada Andrea bahwa seorang muslim yang selalu menjaga wudhu, yang rajin sholat, rajin ngaji & baik hati pasti mukanya bercahaya.  Tapi aku pikir akan memakan waktu yang panjang, lagian takut disangka "menawarkan" suatu agama (ngga tahu nih, di Jerman dilarang ngga ya?).
Dulu ketika ada yang mengatakan aku cantik, aku sih biasa-biasa saja, sebab yang bilang biasanya adalah murid-muridku yang ku doktrin bahwa namaku adalah Bu Rani Sholihah baik hatinya atawa : Bu Rani cantik sekali seperti bidadari yang suka menari-nari dan bernyanyi tralala trilili tapi tidak suka behahaha-hihihi.  Kalau mereka tidak bilang aku cantik, bakal aku kenai sangsi deh.
Aku jadi teringat, temenku bilang wajahku selalu terlihat riang seolah tak pernah ada duka menghadang.  Kayak-kayaknya sih, semuanya karena do'a yang satu ini :

Allhummaj'al fii qolbii nuuron, wasam-i, wa bashori nuuron, wa an yamini nuuron, wa an syimali nuuron, wa fauqi nuuron, wa tahtii nuuron, wa amaami nuuron, wa kholfi nuuron,  waj'alli nuuron.

Do'a ini belasan tahun yang lalu aku temukan di salah satu halaman Buku Fiqh Sunnah karya Almukarom Sayyid Sabiq.  Kalo tidak salah di buku jilid kedua yang membahas tentang sholat.  Dalam buku tersebut dikatakan bahwa Rosulullah saw. (pernah) membaca do'a tersebut dalam sujudnya.
Aku sendiri pernah berbeda pendapat dengan Pak Ali tentang do'a ini.  Kata Pak Ali, do'a tersebut adalah do'a ketika melangkah menuju mesjid saat akan pergi sholat jum'at.
Wallohu'alam mana yang betul.


10 komentar:

  1. Tfs mba. Smg bisa diamalkan doa nya.

    BalasHapus
  2. makasih sharingnya teh
    seperti biasa saya suka membaca tulisan teh rani

    BalasHapus
  3. aku baru kali ini mendengar pujian diperumpamakan dgn binatang,
    aku teringat cerita temanku Anette ketika mereka berlibur di Israel.orang2 israel memanggil orang palestina bukan dia atau mereka tetapi "binatang itu dan ini" saking bencinya mereka.btw tfs teh doànya.

    BalasHapus
  4. Keumuman orang Jerman mah emang lempeng dan tidak berekspresi. Jadi sering terkesan judes dan galak. Tapi ada juga sih yg ekspresinya ramah a.k.a senyum terus.. bahkan terkesan kocak. Tapi.. ya itu.. jarang.. :D

    BalasHapus
  5. Tapi emang ibu hamil selalu terlihat lebih cantik dan bercahaya ya.. gak disangka orang Jerman percaya akan hal ini juga, heheh..

    BalasHapus
  6. hehehe,jadi malu,(sambil tutup muka)padahal dah dibaca berkali2.pasdi meil box,trus kesitenya teh rani.

    BalasHapus
  7. hihihi.. tadinya aku pikir Mpok salah ngetik... tapi pas baca bawahnya.. kayaknya salah baca ini mah, hehehe...

    BalasHapus
  8. tfs ya teteh sayang .......... semoga cahaya itu akan selalu terpancar dilembutnya wajah teteh yang keluar dari hati yang memendarkan cahaya mentariNya amiin

    BalasHapus
  9. berarti mmg bener Teh, dia omong itu krn kenyataannya klu Teteh mmg cntik meski lagi hamil muda .. yg secara normalnya ga ngerasa gitu .. tp patut disyukuri kan semua org yg menilainya .. InsyaAllah kehamilan Teteh bawa keberkahan ya ...

    BalasHapus