Selasa, 16 September 2008

Hari Pertama

Pagi ini adalah paagi pertama bagi Alfi menyandang gelar sebagai anak kelas 1 Grundschule alias kelas 1 SD.  Sebenarnya bukan pertama kali dia berpredikat sebagai murid kelas 1.  Dulu, di Insantama pernah juga dia masuk kelas1, tapi tidak lama.  Itupun tadinya memang direncanakan tidak akan lama, hanya mengisi waktu sebelum berangkat menyusul Abi.

Hari pertama tentu istimewa.  Apalagi bagi Alfi yang selama 4 tahun terus menerus sekolah di TK.  Menyandang gelar murid SD tampak begitu membanggakan bagi dia.

Suasana serba istimewa juga terlihat di sekolah.  Di luar gedung orang tua bersama anak-anaknya mengantri, menunggu giliran masuk.  Antrian yang cukup panjang.  Ternyata di depan pintu satu persatu siswa baru disambut hangat oleh kepala sekolah secara langsung.  Sebelum mereka melakukan sedikit upacara sambutan dan masuk kekelas masing-masing.  Acara ditutup dengan menerbangkan balon gas yang digantungi kartu identitas tiap siswa.  Sederhana tapi cukup meriah.

Satu hal yang lain dari pada yang lain adalah bahwa setiap anak mendapatkan satu bingkisan besar berbentuk kerucut dari orang tuanya masing-masing.    Warna-warni, pernak-pernik serta isinya tentu tergantung dari kreatifitas dan kehendak orangtua. Bingkisan ini dibawa kesekolah tapi tidak dibuka.  Barangkali hanya sebagai simbol saja.

Lain di Grundschule, lain pula di Insantama.
Hari pertama siswa baru Insantama disambut dengan acara luar biasa.  Tidak tanggung-tanggung, pihak sekolah biasanya mengelar acara penerimaan siswa dan masa pengenalan sekolah selama beberapa hari.  Biasanya sih 1 minggu.  Hari pertama siswa disambut diaula, diperkenalkan dengan gurunya masing-masing.  Hari kedua, mereka mengenal kakak kelas mereka dan setiap siswa mendapatkan 1 kakak kelas asuh yang bertugas membantunya mengenal sekolah, kakak kelas asuh ini adalah mereka yang duduk di kelas 2.  Dari hari pertama sampai hari terakhir masa pengenalan selalu disertai dengan gama-game seru yang luar biasa.  Selain itu, dihidangkan pula makanan-makanan istimewa setiap harinya.  Tujuan dari keseluruhan acara ini adalah menanamkan "image" pada siswa baru bahwa sekolah di SDIT Insantama sangant & sangat menyenangkan.  Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah, biasanya tujuan itu tercapai.  Sampai-sampai siswa (juga para orang tua yang keduanya bekerja) sangat merindukan sekolah plus segala macam pernak pernik kegiatannya.
I love Insantama

10 komentar:

  1. selamat ya...semoga jadi siswa yang baik....pintar dan selalu menjadi kekasih Alloh SWT

    BalasHapus
  2. wah udah mulai sekolah ya,,seneng pastinya

    BalasHapus
  3. asyik sekolah SD......,kebayang sekolah n suasana disana pasti menyenangkan, di jogja ada nggak ya sekolah yang model seperti itu ,InsyaAllah mau nyari sekolah yang spt itu tapi belum nemu

    BalasHapus
  4. Wah.. A Alfi udah masuk SD ya?! Makin siap jadi 'Aa' kayaknya nih.. met belajar ya, Sayang...

    BalasHapus
  5. ...Untuk Alfi, selamat jadi anak SD ... yang rajin dan pinter yah ...

    BalasHapus
  6. Amiiin, makasih atas doánya om Seno
    (Insya Allah malaikat juga mendoákan hal yang sama untuk Om Seno)

    BalasHapus
  7. Mudah-mudahan cepet ketemu ya....

    BalasHapus