Minggu, 23 November 2008

Perang Melawan (tanpa -SE-) Kutu

Know your enemy, itu judul makalah yang oleh Yorg pada suamku ketika ia mendapat kabar bahwa putri kami sementara tidak bisa berangkat ke sekolah karena berkutu, setahun yang lalu.  Yup aku sendiri ernah membawa putriku ke dokter kulit di Indonesia untuk berkonsultasi masalah kutu.  Saat itu dokter hanya menyarankan : keramas tiap hari dan melarang menggunakan obat pembasmi kutu.  Tapi mau diapakan lagi, mungkin karena kebanyakan teman-temannya berkutu maka kutu itu datang dan datang lagi.

Ternyata, masalah kutu yang mungkin jarang dipermasalahkan, di Jerman betulbetul menjadi momok yang menaktukan.  Terbukti dengan pengalaman putri kami saat itu.  Siang itu juga, kami selaku orang tua dipanggil dan putri kami dilarang masuk sekolah selama seminggu.  Putri kami baru bisa masuk sekolah lagi setelah mendapatkan surat keterangan bebas kutu dari dokter.  Malangnya, waktu itu, kartu asuransi kami belum sampai ke tangan, masih dalam proses di kantor Asuransi setempat; Bon.  So, terombang ambinglah kami saat itu.  Untungnya pihak kantor dari DLR menunjukkan sikap yang ramah dan bijak.  Profesor suami saya mengatakan bahwa hal itu adalah biasa, dan putrinya juga pernah mengalami hal yang sama.  Ia dan juga seorang teman yang lain membantu kami mencarikan shampo, bahkan membelikan "sisir pinter" yang bisa mencari kutu.  Bantuan yang sederhana tapi betulbetul berharga sekali saat itu.

Terus terang dalam perang Melawan (tanpa -SE-) Kutu saat itu kami mengaku kalah.  Mengapa?  Karena kami saat itu betul-betul merasa terpukul.  Merasa sedih yang teramat sedih hngga merasa "asa pang sang sarana sadunia".  Juga merasa semakin terasing di negri asing.  Apalagi ketika mendengar cerita bagaimana reaksi yang terjadi di Sekolah.  Betapa ributnya para siswa dan ruangan sampai ke bangku dan lac tempat putri kami duduk langsung di sterilkan.  Diam.  Bungkam.  Itu yang kami lakukan saat tu.  Mencoba tdak "membuka aib" akbat berkutu.  Tap yah, namanya juga mahluk sosial, akhirnya cerita tentang berkutunya anak kami terdengar kemana-mana.  Hal itu mulai aku ketahui ketika seorang yang dituakan disini menjengukku dan mencoba menghiburku.  Pada awalnya pembicaraan tidak menjurus kearah sana, tapi mungkin karena sudah niat, ya akhirnya sampai juga pembicaraan pada tema Perang Melawan (tanpa -SE-) Kutu.

Ghorzah baqoku saat itu naik dan mencuat.  Aku tak rela putriku diperlakukan dan dibicarakan sedemikian rupa.  Tapi apa daya, aku orang asing yang serba tidak tahu tentang apa-apa yang ada di Jerman hanya bisa menatap keadaan.  Menahan amarah, dan mengadukan semua pada Yang Kuasa.  Andai saja saat itu saya sudah kenal MP, mungkin ga akan begtu, karena ternyata di MP ada nformasi yang berharga mengenai Perang Melawan (tanpa -SE-) Kutu.  Selengkapnya bisa di baca di : http://tmartiana.multiply.com/journal/item/17/seputar_kutu  (Hatur Nuhun nya Neng Ina nya......)

8 komentar:

  1. wah ketat banget ya musti bebas kutu di sekolah, pake surat bebas lagi

    BalasHapus
  2. hehehe...
    sabar ya bu...saat ini saya juga lagi perang melawan sekutu ee kutu..

    BalasHapus
  3. coba deh mbak, dipakein sampo yg anti ketombe gitu, trus tanpa dibilas, tutup kepala dengan handuk kecil selama kira2 setengah jam (bagusnya yg warna putih). abis itu baru handuk dilepas dan rambut dibilas hinga bersih. coba 2-3 kali, mudah2an bisa membantu ya...
    eh ini kalo terulang lagi, mudah2an sih nggak ya..

    BalasHapus
  4. wah kebayang deh apa yg dirasakan teh rani,masalahnya sebenernya ngak seberat itu kl teh rani dah lama tinggal di German ya!
    temanku,seminggu baru pulang liburan dr Indonesia,tiba2 sakit perut dan muntah2 dibawa kerumah sakit,langsung dikarantina dan semua dokter dan perawatnya pakai maske,padahal dia cuma keracunan makanan yg sudah terkontaminasi jamur.

    BalasHapus
  5. masalah kutu jadi ga sederhana ya padahal tanpa "SE" ... dulu Adine pernah kena juga, tp ga perlu dikarantina, hanya ortunya yg tiap hari keramasin pagi-sore dan dipotong pendek rambutnya ... btw, tfs nya ya Teh .. penting banget mana tahu nanti diperlukan ...

    BalasHapus
  6. disini juga kalo pas swiming .. kudu pake cap ... , katanya sih takut ada kutu nya ... ):D
    HS nya ganti ya teh ... mani pangling .... sugan teh saha ??

    BalasHapus
  7. kutu? Anak2 Jerman juga pada kutuan, makanya mereka panik...

    BalasHapus
  8. sedang buat cerpen tentang kutu ne... hehe..

    BalasHapus