Sabtu, 07 Maret 2009

Menyibak Taqdir.

Allah bekerja dengan cara yang misterius.  Itu kalimat yang aku temukan di novel seri ke 3 Princes yang dipinjemin Ina.
Yup.  bagi kita ; manusia yang hidup dalam ikatan-ikatan ruang dan waktu, banyak sekali hal yang menjadi misteri.  Hidup itu sendiri adalah misteri.  Apa yang akan terjadi esok adalahh misteri.  Apa yang ada dalam benak orang lain, juga misteri.  Tapi bagi Allah, DZAT yang Maha segala, yang TIada satupun bisa menyamaiNYA, yang IlmuNYA tak terbatas, tiada misteri.  Allah yang tiada berawal & berakhir mengetahui segalanya.  Mengetahui apa yang telah terjadi, mengetahui apa yang akan terjadi, mengetahui setiap bunyi setiap jantung yang berdetak, mengetahui setiap daun yang akan gugur, yang telah gugur dan yang akan tumbuh.  Allah mengetahui apa yang kita ucapkan bahkan apa yang tidak pernah kita isyaratkan.  Bagi Allah semuanya mudah.
Yup.  Allah mengetahui jalan mana yang akan kita pilih, Allah mengetahui keputusan apa yang akan kita ambil, apakah kita akan bergantung padaNYA, atau bergantung pada insting diri kita sendiri.  Allah mengetahui taqdir yang akan kita jalani dari setiap pilihan-pilihan yang telah DIA sediakan.

Ada beberapa rahasia untuk menyibak taqdir yang tentu saja masih sangat misteri.  Rahasia itu adalah memahami apa makna Qodlo & Qodar yang keduanya kemudian akan bersinergi menuju sebuah kata : Taqdir.

Qodlo?
Apakah itu Qodlo?
Secara sederhana qodlo bisa diartikan sebagai ketetapan.  Inilah rumusan pertama yang harus kita ketahu. 
Allah yang Maha bijaksana telah memutuskan banyak ketetapan dalam ciptaanya.  Bahwa gunung diciptakan menjulang, bahwa lautan sedemikian dalam, Bahwa angin bergerak mengikuti suasana cuaca. Bahwa mendung pertanda kan hujan.
Bahwa partikel terkecil diciptakan dengan rumus sedemikian rupa.  Bahwa air selalu mencari tempat yang paling rendah untuk mengalir, bahwa cahaya bisa menuntun mata, bahwa kebaikan akan menghapus kesalahan, bahwa sedekah akan berbalas berlipat-lipat ganjaran.  Bahwa setiap finah akan kembali pada pembuatnya, bahwa setiap dzikir yang dilantunkan akan memberikan ketenangan, bahwa setiap perbuatan akan mendapatkan balasan.
Dan selaksa ketetapan-keteapan yang lain, yang bisa kita simak dari ilmu-ilmu yang masih tersembunyi. 

(bersambung)

5 komentar:

  1. emng sebesar apapun amalan kita pasti berbalas

    BalasHapus
  2. Qodarnya itu yg masih bingung sampai sekarang..

    BalasHapus
  3. Banyak fakta yang menunjukkan bahwa Tuhan bekerjanya misterius... salah satunya di dalam diri manusia dan di alam semesta, ada energi yang tidak tampak dan belum mampu diilmiahkan, namun sudah dapat digunakan oleh manusia. Dan untuk memudahkannya, manusia kemudian menamakannya dunia metafisik, supra natural, kekuatan batin, kekuatan pikiran dan lain-lain

    BalasHapus
  4. makasih teh.....bagus banget............judul bukunya princess ya teh? jadi pengen liat buku ini, terkesan sekali:-)

    BalasHapus