Jumat, 31 Juli 2009

flek.

Flek biasa diartikan dengan kata bercak. Flek pada topik pembicaraan kewanitaan biasanya identik dengan darah yang keluar dari bagian kewanitaan.  Di Bogor, jika saya bertemu dengan pasien di dokter anak maka dapat dipastikan bahwa anak tersebut terkena infeksi paru-paru dan ditemukan noda dalam paru-parunya yang bisa diketsahui lewat Xray.  dengan kata lain, flek itu sama dengan TBC.  Saya memang tidak tahu persis data anak yang terkena flek di bogor, tapi saya sering sekali menemui anak yang tengah terapi Flek.  Biasanya pengobatannya berlansung selama 6 bulan & bisa dinyatakan sembuh sepenuhnya.  Menurut dokter flek menular dari penderita dewasa ke anak2 & PENDERITA ANAK-ANAK TIDAK MENULARKAN penyakit tersebut. 
Entah darimana datangnya, dan barangkali memang sudah taqdirnya, anak saya, Hasbi waktu umur 1,5 tahun terkena flek juga. Kami mencoba berobat pada dokter senior, dokter anak terbaik dikota kami.  Alhamdulillah setelah berobat selama 18 bulan, Hasbi dinyatakan sembuh.  Dua tahun setelah itu Hasbi ditakdirkan lagi kena infeksi ginjal, saya tidak tahu apakah ada hubungannya dengan pengobatan flek atau tidak.  Kami pun mencoba mencari dokter terbaik. Kami berobat pada dokter spesialis ginjal anak dikota tetangga.  Repot memang harus bolak balik, tapi ya namanya juga demi anak. setelah kurang lebih 3 - 4 bulan berobat Hasbi dinyatakan sembuh.  Hanya saja kami sangat khawatir dengan ukuran fisik Hasbi yang terlihat kecil dibanding anak sesusianya.  Akhirnya kami putuskan untuk melakukan chek up.  Sampai-sampai kekebalan tubuhnya juga diperiksa, yang jelas, saat itu biasanya biaya untuk cek darah lengkap anak cuma sekitar 300rb, untuk pemeriksaan darah saat chek up kali ini kami harus menguarlkan biaya 3X lipat,  Saking lengkapnya kali ya, & Alhamdulillah hasilnya : Alles oke.
2 tahun kemudian kami kembali khawatir & penasaran dengan ukuran tubuhnya.  Kami cek lagi semua kesehatan Hasbi.  darah, urin, kesehatan ginjal, paru-paru bahkan hormon pun semuanya diperiksa.  Hasilnya pun : alles oke.

Disini, ketika mau periksa gigi, dokternya menanyakan riwayat penyakit.  Ketika saya sebutkan, heboh banget deh tuh dokter.  Dia minta saya memeriksakan Hasbi & meminta surat keterangan yang menyatakan bahwa "flek" hasbi sudah benar2 sembuh.  Saya pun langsung ke dokter anak disini.  Dokter memeriksa semuanya lewat pemeriksan fisik maupun darah.  Hasilnya kembali : alles oke.  Rujukan itupun saya bawa ke dokter gigi.  Anehnya dokter gigi itu tetap tidak percaya & meminta hasbi cek ke kinder klinik LMU.  Ketika berobat ke Kinder Klinik, kami diperlakukan "sangat Istimewa" alias ditempatkan diruang isolasi.  Saya menjelaskan semuanya pada dokter yang memeriksa.  Dokternyapun heran,kenapa harus diperiksa lagi padahal dokter anak dikota kami telah memeriksa semuanya.  Saya juga tidak tahu apa maunya dokter gigi itu, sama seperti dokter anak yang memeriksa Hasbi di kinder klinikum itu.  Pemeriksaan fisik saat itu juga menunjukkan hasil alles oke, tinggal menunggu hasil tes darah saja.
Aaaah, kalo bukan untuk masa depan anak mah males deh balik lagi ke dokter gigi yang itu.  Tapi kalo pindah, ya harus ulangi dari awal, harus bayar lagi yang belum tentu dicover asuransi juga.

Ya Allah, mudahkanlah semua urusan kami & lapangkanlah dada kami.  Amiiiin 

7 komentar:

  1. aamiin.. aamiin.. aamiin..

    jazaakillaahu khoyr atas ceritanya, teh..
    menambah wawasan.

    BalasHapus
  2. biasa teh,apa lagi kita dr indo yg memang peta penyebaran penyakit paru2(tbc) berwarna merah,(ketakutan yg berlebihan)
    temenku cuma sakit perut krn keracunan makanan aja di karantina cuma gara2 dia baru pulang dr indo,...

    BalasHapus
  3. iya mpo, di Indo koq bisa mewabah gitu ya? aku pernah curiga bahwa penyebabya adalah vaksin BCG yang diberikan pada setiap bayi yg berusia 2 minggu & temenku yg dokter menyetujui...

    BalasHapus
  4. waktu aku mo pulkam,aku nanya apa perlu vaksin BCG,ternyata dokter anakku memberi saran jangan krn ngak ada gunanya,lebih baik dihindari dr orang yg batuk2 dan orang tua,...
    kl di Indo hal ini ngak memungkinkan menjauhkan anak2ku dr keluargaku yg kangen dan mungkin ingin menggendong anak2.akhirnya aku pasrah,setelah pulang dr indo aku pantau dan cek up apakah mereka punya gejala BCG,

    BalasHapus
  5. Iya deh ribetttt....kalo dah nunjukin all is oke, khan meskinya udah percaya tuh dokter giginya...jangan2 lagi cari ceperen yang lain....

    BalasHapus
  6. kayaknya mo dipake tuk bahan tesisnya dia. sebab setelah di Xray & USG yang menunjukkan bahwa hasilnya baik-baik saja, baru deh diem.

    BalasHapus
  7. wah bisa gawat kalo cuma batuk aja di curigai,...

    BalasHapus