Selasa, 19 Februari 2008

Antara haid & Ibadah,

Haidh koq pake niat.  Emangnya ibadah?  haidh kan fitrah, jadi ga ada hubungannya sama sekali dengan niat.  Masa haidh pake nawaitu segala???

yah… pokonya lihat aza deh ceritanya….

 

cerita 1.

Seorang Hajah pernah berbagi pengalaman dengan saya; ketika ia hendak berangkat haji, ia sedang haid.  Ia pasrah sepenuhnya pada Allah dan tak henti berdo’a.  Alhamdulillah, ternyata Allah Yang Maha Bijaksana mengabulkan do’anya.  Terjadi delay pemberangkatan pesawat ke tanah suci.  Beliau berangkat ke Tanah suci ketika haid betul-betul telah pergi.

 

cerita 2

Seorang Akhwat gelisah pada awal bulan dzulhizah.  Pasalnya, menurut jadwal, ketika hari arafah tiba, ia tengah berada dimasa “cuti” beribadah mahdoh.  Ia hanya berharap ia bisa melaksanakan saum arafah.  Dan alhamdulillah, ternyata jadwal bulanannya tiba ketika ia usai berbuka puasa.

 

Cerita 3

Ini tentang saum As Syuro.  Ada seorang akhwat yang pengen banget puasa As Syuro, selama dua hari.  Tapi, lagi-lagi, ia menghitung bahwa tepat pada tanggal tersebut ia tengah berada di masa-masa haid terakhirnya.  Eh,.. ternyata siklus yang biasanya 28 hari, pada bulan itu berubah jadi 21 hari alias tamu bulanannya dateng duluan.  Kebeli deh tuh impian shaum As Syuri.  Subhaanalooh,…

 

Cerita 4

Seorang teman pernah berkata bahwa ia berazam untuk selalu khatam Al Qur’an setiap 2 bulan.  Tapi karena satu dan lain hal, yang terakhir, sudah 3 bulan belum khatam juga.  Ia sudah sedikit kecewa dengan dirinya sendiri mengingat jadwal bulanan menurut hitungan siklus, bakal segera datang.  Tidak disangka tidak di nyana, jadwal bulanan tuh mundur 1 minggu, tepat ketika dia usai mengkatamkan Qu’an.

4 komentar:

  1. TFS mbak Rani...lagi haid juga nih:)

    BalasHapus
  2. segala sesuatu emang bergantung niat ya,,, :-)

    BalasHapus
  3. Jadi inget lebaran kmaren,,,
    di awal Ramadhan kan uda kena haid 1 hr,,,
    biasanyah klo kena d awal, di akhir jg kena.
    Padahal ngarepnyah, bs ikt Shalat Ied,,
    Subhanallah ternyata ketunda,,
    Ba'da Sholat ied br haidh,,
    Jd thn ini cuman kalah 1,,senangnyah,,

    BalasHapus