Senin, 25 Februari 2008

Ulat Pak Nono

Ada ulat berjalan-jalan bebas di lantai kantor?  Wah, mungkin kalau yang di kantornya wanita sudah riuh dengan jertian kali.  Atau ulat yang malang itu tak kan berumur panjang.  Tapi kalau di kantornya Pak Nono, Jangan heran melihat ulat jalan-jalan mencari angin segar mengusir kejenuhan.

 

Kepala Sekolah kami; Pak Nono, memang lagi seneng-senengnya memelihara ulat.  Bukan ulat sutra yang bisa menghasilkan uang jutaan rupiah.  Hanya ulat biasa yang kelak kan jadi kupu-kupu yang indah. 

Pak Nono mengambil ulat dan menyimpannya dalam toples.  Toplesnya dikasih daun-daun segar agar ulat merasa aman, nyaman dan kenyang.  Tutup toples dari kalen biasanya Pak Nono ganti dengan plastik yang dibolongi.  Mungkin tujuan Pak Nono adalah untuk memudahkannya memantau ulat kesayangannya.  Tapi ya itu, ada saja ulat yang bisa menembus plastik dan melarikan diri dari botol.  Kalau sudah begitu biasanya Pak Nono cepat mencari ulat kesayangannya, sering pula proses pencarian ini dibantu oleh murid-muridnya.

Makanya jangan heran kalau nanti main ke Insantama lihat anak-anak bermain dengan berbagai macam serangga, termasuk bermain dengan ulat.

 

Setelah beberapa hari di jamu dalam toples, akhirnya sang ulat puasa dan menjadi kepompong untuk kemudian menjadi kupu-kupu yang indah.

Begitu menjadi kupu-kupu, Pak Nono segera memenuhi hak kupu-kupu untuk terbang dan hidup di alam bebas.  Biasanya, sang kupu-kupu itu hinggap sejenak di tangan Pak Nono, seolah mengucapkan terima kasih dan mengucapkan selamat jalan.  Barulah kupu-kupu itu terbang dengan ke alam bebas.

 

Subhaanaloh,... ternyata kupu-kupu juga bisa berterimakasih terhadap yang telah berjasa merawatnya sewaktu ia menjadi ulat dulu.

 

10 komentar:

  1. mbak Rani..ini bukan peer dari bapak khan??

    yups idem..nice storyy

    BalasHapus
  2. Bukan,..
    Beginilah kalau saya lagi kangen sama temen-temen,... pengennya berbagi cerita tentang mereka

    BalasHapus
  3. keren si Bapak teh, sebelum dilepas difoto dulu gak ya? :D

    BalasHapus
  4. difoto pake HP Pak Nono, ntar deh saya mintain fotonya...

    BalasHapus
  5. jadi pengen melihara ulat juga mbak:)

    BalasHapus
  6. iya,... pembelajaran sain untuk anak-anak...
    Kalo saya mah takuuuuut...

    BalasHapus
  7. ulat yang akan jadi kupu-kupu fisiknya kayak apa ya? apa semua ulat bisa jadi kupu-kupu?

    BalasHapus
  8. wah, detilnya saya ngga merhatiin tuh,... tapi ulat pak nono macem-macem, ada yang ijo, item, dan yang berbulu tebal juga ada...

    BalasHapus