Rabu, 02 April 2008

Cilokq Isi




Cilok adalah makanan untuk cantik & awet muda. Kenapa???, karena ketika kita makan cilok, otomatis kita melakukan senam mulut. ^_^. Itu sih menurut pendapat saya & bu Yulia(yang PADA kepengen cantik fisik ^__^). Makanya kita doyan banget deh sama makanan yang satu ini (SUPAYA cantikq gitu lho...!!!). Tapi ada benernya juga kali, sebab, banyak orang bilang wanita suku sunda itu cantik-cantik (padahal sama juga dengan wanita suku-suku yang lainnya), Mungkin karena sering senam mulut sambil makan cilok.

ini resepnya:
Isi :
250 gram daging diling
2 batang daun bawang di iris tipis
1/2 sendok teh merica
2 SDM kecap ikan
4 SDM kecap manis
1/2 SDM cuka apel
garam secukupnya.

Cara : tumis bawang daun hingga layu, tambahkan kecap ikan, kecap manis, cuka, aduk sampai harum. Masukan daging giling, aduk hingga merata. Tambahkan merica dan garam, tumis sampai kering.

CILOK:
Bahan :
400 gram tepung kanji
200 gram tepung terigu
2 sendok makan tepung maizena
250 gram ikan filet, blender dengan menggunakan 160cc air
7 gram baking powder
2 SDM garam
1,5 SDM bubuk bawang putih
1/2 SDM merica
250 ml air.

Cara membuat:
campur semua bahan menjadi satu dan adonan menjadi kalis.
Pulung adonan sebesar gemgaman kemudian di bagi dua. Pipihkan adonan, isi daging cincang, tutup dan bulatkan. Rebus bulatan cilok dalam air mendidih sampai terapung. Angkat dan tiriskan. Setelah itu kukus cilok selama 20-30 menit.
Hidangkan dengan saus kacang atau bumbu pecel. Kalau suka boleh ditambah kecap & saos sambal.
(resep untuk 70 butir)


Sebenarnya isi cilok bisa bervariasi, tergantung selera. Kalau menurut saya, yang paling enak itu jika di isi Abon. Tapi karena persediaan abon di rumah tinggal sedikit maka di isi daging cincang deh. Di isi sosis juga sepertinya enak.

22 komentar:

  1. lumayan, meski masih enak yang dijual sama emang-emang...

    BalasHapus
  2. pengen nyoba ah mbak...danke resepnya yah...

    BalasHapus
  3. ooo jadi rahasianya cilok tho....

    BalasHapus
  4. itu kata yang suka cilok, ^__^
    kalau kata yang suka peuyeum rahasianya adalah peuyeum, kalau kata yang suka makan lalab rahasianya adalah lalab,...

    BalasHapus
  5. wah, sayah nih teh urang Sunda penggemar yang kenyal2... seperti cireng, cilok, cimol, ciiii.... ci apa lagi ya?? Tapi semenjak di sini gak pernah lagi... makanya penampakannya jd begono.. hehehe... Sayang euy besok gak jadi datang.... beneran lupaaaaa deh kalau ada termin dokter... Btw, resep cireng donk, Teh...

    BalasHapus
  6. itu teh jajanan baru, bentuknya kayak cilok, tapi rasanya kayak cireng... gak ada isinya, kecil2 kayak kelereng, disiram sambel deh...

    BalasHapus
  7. hihihi...aku mau nyobain bikin ah...syukron ya teh..

    BalasHapus
  8. Sama-sama, tapi inget ya... yang paling enak dan sensasional itu yang isi abon.

    BalasHapus
  9. wadduuh makasiih yah dari waktu hamil bln pertama ngidam makan ciloq tapi gak punya resepnya....akhirnya dapet disini,,,makasih bangeeett.....kalo resep cireng punya gak???kepengen juga bisa bikin jadi pingin pulang ke bdg...kangeeennn euy..

    BalasHapus
  10. Cireng? aduh saya juga pengen, tapi ga punya...
    Ntar coba tanya ke simbah google ah,...

    BalasHapus
  11. masih gak teh???

    mau dunk....~ ngiller nich~

    BalasHapus
  12. Boleh,... mo berapa porsi???

    BalasHapus
  13. wah cilok...hmm nyam2..makanan ringan sepulang kuliah...hehe pengganjal udara dinginnya Bandung *dulu

    BalasHapus
  14. aku sdh dapet resep cireng....sdh ku coba...ntar aku post deh di mp....

    BalasHapus
  15. Mau... mau banget!!!
    ditunggu resepnyaaaaa.....

    BalasHapus
  16. kalau bikin sendiri sih..ga nolak deh..
    tapi kalau beli???duuhh..kapokkk beneran..sy trauma makan cilok..
    gara2 penasaran..cilok itu apa sih??nekad beli....habis itu...,jadi deh senam kaki..mondari mandir ke toilet

    BalasHapus
  17. Duuuhh... jd ngiler dehhhh

    BalasHapus
  18. wagh, tambahan resep yg wajib dicoba neh! Secara ane suka bgt masak. ;D ;D Narsis abiz....
    Syukron ya teh!

    BalasHapus
  19. Euih ini makanan kesukaan ku.
    Tp tmenku bilang ini makanan anak kecil.
    Jawab saya: masa bodo..!! klo udah senang sudah dicari penggantinya.

    He,,he,,

    BalasHapus
  20. saya suka bgd sama cilok mb! bener lho,, bikin senam mulut,,, ampe pipi saya jadi tambah "berotot", hehe...

    BalasHapus