Senin, 19 Oktober 2009

Dementor VS Petromus

Eh yang bener petromus apa petronus ya?
Ya ya ya... yang jelas yang saya maksud disini adalah mahluk karangan alias khayalanya JK Rowling dalam Harry Potter.  So pasti semua tahu kan?
Saya ingin mencoba menebak arah pemikira JKR tentang makhluk khayalannya itu.  Tentang apa yang ada dibalik semua itu.
Hmm, mana dulu ya?  Oke deh, karena biasanya Dementor muncul duluan, maka kita bahas dementor pertama, Ok?
Dementor, menurut saya, JKR mengambil akar kata untuk Mayal(mahluk khayalan) yang satu ini dari kata dementalisasi.  Awalan kata de disini berarti adalah penegatifan dari sifat kata yang mengikutinya.  Satu contoh misalnya Dehumanisasi, berarti menjatuhkan, tidak menghargai,atau bahkan merusak sifat-sifat humany(kemanusiaan).  Jadi makna dementor itu adalah makhluk tukang menjatuhkan, merusak & mengacaukan mental orang.  JKR menambahkan gambaran yang lumayan seram ketika dementor muncul berkeliaran yaitu Gelap,dingin,rasa putus asa,kehilangan harapan & ketakutan.  
So...  selanjutnya bisa kita simpulkan bahwa dementor itu adalah mahluk tukang merusak mental orang, merebut harapan orang,membuat orang lain berputus asa & merasa berada ditengah kegelapan tanpa kehangatan.  Itulah dementor.
Jadi, kalau ada orang yang lengkap mempunyai sikap seperti itu, kita harus cepet-cepet mengeluarkan petromus kita.
Barangkali sedikit kalimat ini bisa jadi contoh dementor.
1. "eh lu nilai ulangannya jelek ya?  gimana ya, lu emang ga ada tampang pinter sih, kayaknya seberapa kuat lu berusaha lu ga bakalan bisa,... lu pindah kesekolah kelas bawah aja yaaa"
2. "lu sakit? gak perlu berobat deh cuma buang-buang duit, lagian lu kan bukan orang kaya, mendingan bertobat aja dah, belum ada tuh penyakit kayak lu yang bisa diobatin.  inget ya, tobat bukan berobat!!!"
3."lu mo main sama gua? sory ya, orang miskin kayak lo ga level temenan ma gua"
wah, kalo ditulis, mungkin bakal banyak sekali ya? boleh deh kalo punya contoh kalimat lain silahkan ditulis di kolom komentar yaaa

Sekarang kita bahas tentang petromus ya.  Kayaknya JKR mengambil nama untuk mayalnya ini dari kata petromaks deh.  Itu tuh lampu petromak, lampu jadul yang bahan bakarnya sedikit tapi cahayanya terang luar biasa. Tapi tidak hanya itu, JKR mengkombinasikan cahaya ini dengan bentuk mahluk hidup.  Mungkin maksudnya cahaya yang dinamis gitu loh, cahaya yang hidup.  Padahal cahaya sendiri kan udah dinamis banget yaaa sok aja ukur kecepatan gelombang cahaya.  Mungkin JKR ingin memasukan nilai keindahan dan dinamisme yang kasat mata. So, kalau boleh kita simpulkan, petromus itu bersifat menghilangkan keputus asaan, maju menjemput mimpi, menebarkan sinar keindahan, kehangatan & kebahagiaan.
Gimana ya contoh untuk menggambarkan kalimat petromus?
Begini kali yaaa:
1."nilaimu dibawah rata-rata? masa sih biasanya nilaimu kan bagus.  Tapi tenang... dunia tak kan kiamat hanya dengan satu nilai dibawah rata-rata, masih ada banyak & banyak kesempatan untuk memperbaikinya.  Aku percaya kamu BISA!"
2. "Kamu sakit? mungkin Tuhan ingin menghilangkan dosamu & memberi kamu pahala dengan sakit ini.  Jangan takut... semua penyaki ada obatnya & kamu pasti bisa sembuh, aku akan menemanimu & berdoá untukmu"
3.  U dah ah, contohnya 2 aja :D

Nah, nah... mudah-mudahan kita terhindar dari sifat seperti dementor itu ya... dan mari kita meniru kebaikan yang ada dalam petromus kita, untuk diri kita, & semua yang ada disekeliling kita.  Intinya sih hikmah & kebaikan adalah milik kita, dimanapun dia berada, OK?

1 komentar:

  1. Lesson from "Harry Potter and The Prison of Azkaban" - Tabungan Kebahagiaan: http://genkeis.multiply.com/journal/item/392

    tentang dementor juga ^_^

    BalasHapus